Etika mengirim E-Mail untuk melamar pekerjaan


Ternyata masih banyak orang yang mengirim E-Mail untuk melamar pekerjaan dengan cara yang kurang tepat.
CV itu Ibarat Wajah kita dan E-Mail adalah cara agar wajah kita mendapat perhatian dari HR.

Nah, Bagaimana cara yang benar untuk mengirim E-Mail lamaran pekerjaan dengan baik dan benar?, Berikut caranya!

1.Subjek E-Mail Yang Relevan

Yang pertama anda harus memperhatikan Subjek email anda!
Misalnya

Job Application (Salah)
Job Application - {Nama kamu}  (Salah)

Job Application - Digital Marketing Manager

Hal ini akan mempermudah proses sortir E-Mail yang masuk disana nanti.
Jadi jika kalian mencantumkan posisi pekerjaan dalam subjek E-Mail pasti akan diperhatikan oleh HR!

2.Body E-Mail

Hal ini juga tidak kalah penting dari Subjek E-Mail, Anda jangan berharap CV anda diterima jika E-Mail anda tidak terdapat Body E-Mail.

Body E-Mail itu adalah versi pendeknya dari Cover Letter.
Seperti ini isi Cover Letter sebaiknya!

a.Salam

<Dear HR Manager>

b.Niat yang jelas

di Paragraf pertama, kamu jelaskan dengan singkat, padat dan jelas tujuan kamu mengirim E-Mail.

di Paragraf kedua, kamu jelaskan kualifikasi singkat yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar dan kontribusinya ke perusahaan.

di Paragraf ketiga, informasikan apa saja yang dilampirkan

di Paragraf keempat, buat penutupan yang tepat!

Nah, Percayalah dengan begini HR akan merasa kalau kamu yang melamar pekerjaan memang mempunyai niat untuk melamar pekerjaan dan bukan iseng menyebar CV ke semua perusahaan.

3.Nama File CV

Nah, Ternyata masih banyak orang orang yang mengirim file CV dengan  nama filenya yang masih (Document 1.pdf)
ini adalah kesalahan yang mengecewakan sekali, jadi anda harus menamai file anda yang sesuai.

Misalnya : (CV Rudi Aprilianto - Digital Marketing Manager)

Urutannya seperti ini :  Jenis File - Nama Kamu - Posisi Pekerjaan Kamu

Tips Tips Lainnya

Sekarang banyak lowongan pekerjaan yang dibuka melalui portal kerja perusahaan, bukan melalui E-Mail langsung ke HRD lagi.

Jika Anda benar-benar benar-benar menginginkan pekerjaan itu dan anda merasa memenuhi syarat, cari tahu siapa yang membuka perekrutan di perusahaan itu, dan kirim E-Mail langsung ke dia.

Hal ini akan menunjukkan ketekunan Anda, dan jika memang Anda memenuhi syarat, itu akan membantu HR mempersingkat waktu penyaringan aplikasi yang masuk pekerjaan daripada aplikasi lain.
 

0 Response to "Etika mengirim E-Mail untuk melamar pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel